Lompat ke isi utama

Berita

Persiapan Terhadap TPS Potensi Rawan Bencana dan Lokasi Terpencil

kegiatan Polres

Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang, Dafid Budianto,S.IP, dan Anggota Bawaslu Kabupaten Jombang, Farwis S.Sos, Menghadiri Rapat Koordinasi yang digelar oleh Polres Jombang.

Jombang - Bawaslu Kabupaten Jombang menghadiri rapat koordinasi yang digelar oleh Polres Jombang, dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Kabupaten Jombang, diantaranya: Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang, Dafid Budianto,S.IP, dan Anggota Bawaslu Kabupaten Jombang, Farwis S.Sos. 
Kegiatan tersebut digelar untuk mempersiapkan pemungutan suara pada  Pemilu 2024, berkaitan dengan Sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Santri menjadi perhatian khusus karena berada di daerah terpencil hingga rawan bencana.

Rakor persiapan Pemilu 2024 ini digelar di Ruang JCC Polres Jombang, Rabu (31/01/2024).Kegiatan ini dihadiri  Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi,Kepala Bakesbangpol Jombang Anwar dan sejumlah OPD Pemkab Jombang lainnya, serta dihadiri pihak Kodim 0814/Jombang.

Pada kesempatan itu,Ketua Bawaslu Jombang Dafid Budianto S.IP, meminta supaya TPS rawan bencana benar-benar diperhatikan. Selain hujan, bencana angin juga perlu menjadi perhatian."Jika kita tidak segera antisipasi takutnya akan terjadi penundaan pemungutan suara. Kita jangan berfokus pada kerawanan TPS yang rawan terjadi PSU (pemungutan suara ulang),Ungkapnya.

Selain itu, WakaPolres Jombang Kompol Hari Kurniawan pada sambutannya, "ada sejumlah TPS yang harus menjadi perhatian bersama. Antara lain 9 TPS yang berada di daerah terpencil dengan medan berat, 13 TPS khusus yang ada di Lapas Jombang dan Pondok Pesantren, serta 57 TPS rawan banjir yang ada di Kecamatan Mojoagung, Mojowarno, Sumobito, Wonosalam, Bareng, Ploso, dan Gudo", Ungkapnya.

Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi mengatakan, TPS rawan bencana sudah ia koordinasikan dengan PPS yang ada di desa. Burhan meminta anggota PPS memindahkan TPS bilamana terjadi bencana."Terkait TPS rawan bencana rekan PPS koordinasi dengan instansi terkait di wilayahnya, jika terjadi kerawanan kerusakan maka akan dilakukan penggeseran dari TPS awal ke lokasi baru," ucapnya.

.
 

Humas Bawaslu Kabupaten Jombang