Bawaslu Jombang Jadi Tuan Rumah Diskusi Mingguan Divisi Hukum dan Data Informasi

jombang.bawaslu.go.id – Jombang, Salah satu tahapan pendukung tapi merupakan salah satu faktor penentu terselenggaranya Pemilu adalah tahapan logistik. Walaupun begitu terdapat berbagai masalah terkait logistik Pemilu 2019 mulai dari keterlambatan logistik, kurangnya logistik Pemilu, tertukarnya surat suara dan lain sebagainya sehingga mengakibatkan adanya pelaksanaan Pemilu susulan dan pemungutan suara ulang yang terjadi di berbagai daerah. Maka dari itu, Bawaslu Kabupaten Jombang dan Bawaslu Kabupaten Madiun akan mengupas permasalahan tersebut dalam Diskusi Mingguan Seri Ke#16, Kamis (30/9/21).

Diskusi mingguan ini dilaksanakan dalam beberapa sesi yang dilaksanakan setiap hari Kamis yang dijadwalkan mulai dari bulan Juni 2021 dan berakhir di bulan Oktober 2021. Dalam kesempatan kali ini merupakan diskusi Mingguan ke 16 yang bertempat di Bawaslu Kabupaten Jombang dan Bawaslu Kabupaten Madiun.

“Saya mewakili Bawaslu Kabupaten Jombang dan Bawaslu Kabupaten Madiun menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Timur terutama Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi yang telah memberikan kesempatan kepada kami sebagai penyelenggara dalam kesempatan diskusi kali ini dengan mengusung tema Pengawasan Penyelenggaraan (Logistik)” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang Ahmad Udi Masjkur saat menyampaikan sambutan tuan rumah.

Kemudian, Ahmad Udi Masjkur menjelaskan alasan memilih tema tersebut. Dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi yang mengikuti zoom pada siang hari ini.

“Kami menyadari logistik memiliki alasan yang cukup penting yang seringkali tidak banyak orang memperhatikan. Kami menyadari bagaimana logistik itu harus tepat waktu tepat jumlah dan juga tepat sasaran. Dalam setiap tahapan penyelenggaran logistik tersebut dan dari setiap tahapan tersebut perlulah dilakukan pengawasan terutama kehadiran dan keterlibatan masyarakat untuk melakukan fungsi-fungsi pengawasan secara partisipatif. Semoga dengan kesempatan melalui diskusi kali ini akan menambah khasanah sekaligus wawasan kita dan juga memberikan pengalaman-pengalaman yang berharga guna perbaikan-perbaikan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan di masa mendatang.

Dalam kesempatan kali ini ditemani oleh Narasumber dari Kabupaten Jombang yaitu Ketua KPU Kabupaten Jombang Athoillah yang akan menyampaikan terkait Problematika Pengadaan dan Distribusi Logistik Pemilu dan Pilkada. Kemudian dilanjut dari Kabupaten Madiun yaitu Tri Hendra Wahyudi Dosen Pengajar Program Studi Ilmu Politik FISIP Universitas Brawijaya Malang yang menyampaikan terkait pengawasan penyelenggaraan (logistik). (red/yis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *